Mudah! Berikut Cara Belajar Coding yang Efektif untuk Pemula

cara belajar coding

Sekarang ini, coding menjadi salah satu kemampuan yang diperlukan di dunia kerja. Pasalnya, banyak perubahan terjadi pada aktivitas perusahaan yang beralih menggunakan digital, sehingga membutuhkan programer. Cara belajar coding sebenarnya sangat mudah, karena di era serba digital seperti saat ini terdapat perkembangan IT dan keterbukaan informasi. 

Bahkan banyak orang dapat belajar coding secara mandiri, caranya cukup dengan melihat banyak tutorial online  di internet. Setiap bahasa pemrograman pasti mempunyai kode dan aturan yang berbeda, sehingga penting mempelajarinya. 

Inilah Cara Belajar Coding Bagi Pemula

Jika Anda ingin belajar coding, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar mudah dan cepat memahaminya. 

Kuasai Konsep Dasar

Sebagai seorang pemula, belajar bahasa pemrograman sederhana sangat diperlukan. Tujuannya adalah untuk mendapat pemahaman secara mendetail terkait logika pemrograman. Contoh bahasa pemrograman yang paling dasar dan banyak dipakai programer handal adalah HTML (Hypertext Markup Language) serta Javascript. 

Kemudian Anda dapat mempelajari fase dasar-dasar coding. Seperti originating, input, process, output, hingga distribution.

Fokus Satu Bahasa Pemrograman

Jika Anda mempelajari satu bahasa terlebih dahulu, maka akan lebih fokus pada satu titik. Sehingga akan lebih efektif dan efisien. Misalnya saja Anda memilih HTML untuk dipelajari sampai selesai, baru kemudian beralih ke bahasa lain.

Perbanyak Referensi

Banyak cara untuk belajar coding, misalnya saja dengan melihat beberapa referensi dari web, buku, channel YouTube, atau permainan tentang coding. Dengan demikian, Anda dapat memahami coding dengan cepat.

Praktikkan Membuat Program Sederhana

Cara belajar coding berikutnya adalah dengan mempraktikkan secara langsung. Anda bisa mencoba memasukkan program, mengamati tingkat kesulitannya, dan bagaimana mengatasi permasalahan jika program sering error. 

Skill akan semakin berkembang dan potensial, sehingga dapat Anda manfaatkan sebagai pekerjaan sampingan. Untuk itu, Anda harus berusaha membuat aplikasi dan meningkatkan jam belajar. 

Latihan Rutin

Sangat penting untuk mengatur jadwal belajar dengan mengidentifikasi waktu belajar dalam sehari. Tidak perlu lama-lama, yang paling penting adalah selalu konsisten. 

Selain berlatih rutin, Anda juga bisa mengamati bagaimana orang lain membuat program agar referensi semakin banyak dan wawasan lebih luas. Tidak ada salahnya meniru program orang lain dengan catatan konteksnya adalah belajar. 

Bila perlu, Anda dapat menjalin relasi dengan sesama programmer agar bisa sharing dan berdiskusi terkait bahasa pemrograman dan permasalahannya. 

Hampir semua perangkat berbasis teknologi sangat bergantung pada coding, mulai dari ponsel, TV, hingga sistem lalu lintas kota. Bahkan coding juga dapat dimanfaatkan untuk sistem yang lebih rumit seperti machine learning. Dengan demikian, keberadaan komputer akan sangat membantu untuk mengatasi berbagai permasalahan dengan cepat.

Anda bisa menerapkan cara belajar coding di atas agar menjadi programmer yang handal. Semakin sering menggunakan tips di atas maka belajar coding akan semakin efektif. 















 
 
















Post a Comment

Copyright © | Create With ♥ By Erdwpe